Welcome To My Blog

you get what you give, respect that!

Sabtu, 22 Mei 2010

MANUSIA DAN CINTA KASIH

”Cinta dan Kasih” sebuah kata yang sangat popular dan sering dibicarakan orang, bahkan orang tua sayapun sering berkata kepada saya, “Kalau tidak ada cinta saya tidak akan ada di dunia ini”. Orang tua saya adalah salah satu dari banyak orang yang manusia mengatas namakan cinta dan kasih untuk setiap prilakunya. Tapi apakah orang tua saya dan semua orang yang mengatas namakan cinta untuk setiap prilakunya mengerti apa sebenarnya makna dari sebuah kata yang disebut “CINTA dan KASIH”.

Menurut kamus umum bahasa Indonesia, Cinta adalah rasa sangat suka(kepada) atau (rasa) sayang(kepada), ataupun sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata Kasih artinya persaan saying atau cinta atau menaruh belas kasihan kepada seseorang. Oleh karena itu, Cinta Kasih dapat diartiakan sebagai perasaan suka(sayang) kepada seseorang yang disertai dengan adanya rasa bela kasihan yang dalam.

Walaupun cinta kasih merngandung arti yang hampir bersamaan namun terdapat perbedaan antara keduanya, cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih mengarah kepada hasil atau tindakan berdasarkan cinta tersebut. Dengan kata lain, perwujudan kasih secara nyata bersumber dari cinta yang mendalam. Cinta adalah sebuah ungkapan rasa sayang dan simpati kita kepada seseorang.

Kata cinta juga diberikan dari kita kepada Sang Pencipta, sebagai tanda kalau kita amat membutuhkan dan menyanjungnya. Rasa cinta yang kita berikan menunjukkan bahwasanya kita sangat menyukainya dan ingin bersamanya. Kecemburuan sering terjadi jika seseorang yang kita cintai bersama oranglain. Itulah cinta, satu nama seribu makna . Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

”Cinta” memang sebuah kata yang sangat sederhana dan sering diucapkan. Tetapi tahukan apa arti dibalik kata yang istemewa tersebut, sebuah kata yang dapat membuat hati yang sedih menjadi ceria, peperangan menjadi perdamaian, pahit mejadi manis, kebencian menjadi persaudaraan, bahkan yang sakit bisa menjadi sehat dengan kehadiran cinta dalam kehidupan kita. Kata cinta memiliki makna yang beragam dan Universal, hampir setiap pribadi memiliki definisi tersendiri tentang arti cinta dalam kehidupannya. Oleh karena itu, setiap pribadi juga mempunyai cara sendiri untuk mencintai ataupun mengungkapkan cinta dan kasihnya.

Saat ini muncul sebuah pertanyaan, apabila setiap individu memilki pengertian yang berbeda-beda tentang cinta, lalu secara umum Apa arti cinta itu sebenarnya? Menurut Ibnul Qoyyim seorang pengarang buku yang berjudul “the Invocation of God” , Cinta secara umum adalah Perasaan yang lebih berarah ke konsep yang abstrak, dan lebih mudah dialami daripada dijelaskan”.

Dari sisi lain, cinta banyak dijadikan sebagai wadah bagi kreatifitas banyak orang, sebagai contoh bukti nyata pentingnya cinta dalam kreatifitas banyak orang adalah banyaknya lagu yang tercipta atas dasar cinta dan kasih, baik cinta kepada sesama manusia, cinta kepada Tuhan YME. Bahkan cinta terhadap alampun banyak mengilhami para seniman untuk berkarya di bidang seni.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa perwujudan dari cinta dan kasih di dalam kehidupan manusia, sebagai berikut :

  1. Cinta Kepada Tuhan YME

Hakikat cinta manusia yang tertinggi adalah cinta manusia kepada sang pencipta Tuhan YME. Wujud cinta kita kepada Tuhan YME tidak hanya diwujudkan pada saat kita beribadah kepadanya tetapi juga dalam semua tindakan dan tingkah laku kita yang kita lakukan hanya untuk mendapatkan ridhanya.

  1. Cinta Kepada Diri Sendiri

Hakikat cinta manusia yang kedua adalah cinta terhadap diri sendiri. Cinta terhadap diri sendiri erat kaitannya dengan dorongan menjaga diri untuk dapat tetap hidup dan mengembangkan potensi yang ia miliki.

  1. Cinta Kepada Sesama Manusia

Hakikat cinta manusia yang ketiga adalah perasaan cinta kasihnya kepada sesama manusia. Hal ini sangat diperlukan karena dapat menjadikan hidup manusia penuh dengan keserasian dan keharmonisan dengan manusia lainnya.


Berikut adalah bagan yang menggambarkan secara garis besar tentang Hubungan Cinta dan Kasih manusia.






Gambar 1
Hubungan Cinta Kasih Manusia















Tidak ada komentar:

Posting Komentar